Pages

Sabtu, 21 April 2012

ISLAM IS THE BEST

Allah mengangkat derajat orang-orang berilmu dalam firmanNya “……Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang yang diberi ilmu beberapa derajat .” (QS. Yusuf : 76 )

Ilmu akan dimanfaatkan oleh pemiliknya meski telah meninggal dunia, seperti disebutkan dalam hadits “ jika seorang muslim meninggal maka amalannya terputus kecuali tiga perkara : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak sholeh yang berdoa untuknya. “ ( Shahih, HR. Muslim )

Nah, udah tau kan betapa pentingnya ilmu itu. Maka dari itu, saya akan menjelaskan tingkatan ilmu mulai dari Syariat hingga Ma’rifat. Kebanyakan dari kita hanya paham ilmu Syariat saja, padahal ada tingkatan yang lebih tinggi dari Syariat.

1.      Ilmu Syariat

Syara’a artinya jalan, dapat dimaksudkan sebagai hukum, metode. Syariat ini tertuang didalam hukum-hukum fikih yang harus dipahami dan dikerjakan sesuai dengan aturan-aturan yang ada. Tingkatan kesadaran: ada milikku, ada milikmu.

2.      Ilmu Tarekat
Thoraqo artinya jalan, perbedaannya dengan syara’a: kalau syara’a jalan di dalam kota, maka thoraqo jalan ke luar kota yang lebih panjang. Oleh sebab itu, maka tarekat disebut juga jalan untuk memahami hakekat. Orang yang menggunakan jalan ini disebut penganut tarekat, yang dipimpin oleh seorang guru tarekat. Mereka yang memasuki tarekat berkehendak untuk mendapatkan ridha Allah, dan disebut al-muridin atau salik atau orang yang menuntut ilmu suluk. Banyak sekali perkumpulan tarekat seperti Naqsabandiah, Qadiriah, Tijaniah, Sanusiah, dsb. Pengikut tarekat melakukan wirid-wirid tertentu yang dibimbing oleh guru tarekat. Tingkat kesadaran: milikku adalah milikmu dan milikmu adalah milikku.

3.      Ilmu hakekat
Haqqo artinya kebenaran. Wujud dari kebenaran yang dapat dilihat adalah kejujuran, keadilan cinta kasih. Pada tingkatan ini orang telah memahami makna ibadah yang dilakukan, misalnya “sholat mencegah kemunkaran”, makna berzakat, makna berpuasa, makna berhaji. Ilmu ini juga disebut ilmu batin. Kenapa pula ilmu ini juga dikatakan ilmu batin? Ini kerana roh atau hati memang tidak dapat dilihat oleh mata kepala. Ia adalah makhluk yang tersembunyi. Maka ilmu ini dinamakan ilmu batin kerana ia membahaskan tentang hati dan sifat-sifatnya yang memang tidak dapat dilihat dengan mata lahir tapi dapat dilihat oleh mata batin. Tingkat kesadaran: tidak ada milikku, tidak ada milikmu.

4.      Ilmu makrifat
Asal katanya arofa artinya tahu ; kenal pada Sang Pencipta. Batinnya sudah dekat dengan Allah. Semua gerakannya lillahitaala, dan janji Allah untuk membantu setiap aktivitas orang tersebut. Kata sebagian orang: “Ilmu ini sangat langka dan sakral. Tak sembarang orang bisa meraihnya, kecuali para wali yang telah sampai pada tingkatan ma’rifat. Sehingga jangan sembrono untuk buruk sangka, apalagi mengkritik wali-wali yang tingkah lakunya secara dhahir menyelisihi syariat. : tidak ada aku, tidak ada kamu; yang ada hanyalah Allah.
sumber http://aldrinpratama.wordpress.com/2011/02/02/4-tingkatan-ilmu/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos Onlinefreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates