Pages

Selasa, 08 Mei 2012

Sholat Mayyit

Artinya : "Wahai Tuhanku,janganlah Engkau rugikan kami dari mendapat ganjaranya dan janganlah Engkau beri kami fitnah sepeninggalnya serta ampunilah kami dan dia".
Setelah membaca do'a tersebut,kemudian membaca salam seraya memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri.
Berikut ini bacaan salam :
" ...AS SALAAMU'ALAIKUM WA ROHMATULLOOHI WA BAROKAATUH... "
Artinya : "Semoga keselamatan bagi kalian semua teriring rohmat dan berkah-Nya"." ... ALLOOHUMMAGHFIRLAHU (HA/HUM) WARHAMHU (HA/HUM) WA'AFIHI WA'FU 'ANHU (HA/HUM) WA AKRIM NUZULAHU (HA/HUM) WA WASSI' MADKHO LAHU (HA/HUM)... "
Artinya : " Wahai Tuhanku, ampunilah dia,kasihanilah dia,serta ma'afkanlah kesalahanya,hormatilah kedatanganya dan luaskanlah tempat kediamanya".
5. Takbir Keempat.
Pada takbir yang keempat juga kita baca " ...ALLOOHU AKBAR... " Alloh Maha Besar " seraya mengangkat kedua tangan setinggi telinga. Lalu membaca do'a untuk diri sendiri dan diri si mayit sebagai berikut :
" ...ALLOOHUMMA LAA TAHRIMNAA AJROHU WA LAA TAFTINNA BA'DAHU WAGHFIR LANAA WA LAHU... "

keluarganya.Dan berkahilah junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga beliau,sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada junjungan Nabi Ibrohim dan keluarganya di seluruh alam. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat Yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia".
4. Takbir Ketiga.
pada takbir ketiga,kita baca pula " ...ALLOOHU AKBAR... " (Alloh Maha Besar) seraya mengangkat kedua tangan setinggi telinga,lalu membaca do'a untuk si mayit sebagai berikut :" ...ALLOOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD... "
Artinya : "Wahai Tuhanku,limpahkanlah rohmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga beliau".
Sebaiknya ditambah dengan sholawat Ibrohimiyah sebagai berikut :
" ... KAMAA SHOLAITA ALAA SAYYIDINAA IBROOHIIMA WA ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA WABAARIK ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BAAROKTA ALAA SAYYIDINAA IBROOHIMA WA ALAA AALI SAYYIDINAA IBROOHIIMA. FIL'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIID... "
Artinya : "Sebagaimana Engkau telah melimpahkan rahmat kepada Nabi Ibrohim danMaha Pengasih lagi Maha Penyayang, Yang menguasai hari pembalasan.Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah (pula) kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus,yaitu jalan orang orang yang telah engkau anugerahkan nikmat kepada mereka bukan (jalan) mereka yang di murkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat". Semoga Alloh mengabulkan permohonan kami.
" .. ALLOOHU AKBAR ..
3. Takbir Kedua.
Pada takbir yang kedua kita baca pula. ".. ALLOOHU AKBAR .." (Alloh Maha Besar),seraya mengangkat kedua tangan setinggi telinga,lalu membaca do'a sholawat sebagai berikut :
2. Takbir pertama.
Pada takbir pertama ini kita angkat kedua tangan setinggi telinga seraya mengucapkan :
" Allohu Akbar " artinya : Alloh Maha Besar.
kemudian membaca ta'awwuds sebagai berikut :
"A'uudzubillahi minasy syaithoonir rojiim,bismillahir rohmaanir rahiim, Alhamdulillahi robbil 'aalamiin,Arrohmaanir rohiim,Maalikiyaumiddiin,iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'iin,Ihdinashiroothol mustaqiim,Shiroothol ladziina an'amta alaihim ghoiril maghdzuubi alaihim wa laadzdzoolliin. Aamiin".
artinya: "Dengan nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Segala puji bagi Alloh Tuhan Semesta Alam.Yang
dengan berdiri dan dengan empat kali takbir. Adapun cara sholat jenazah itu ialah sebagai berikut :
1. Lafadz niat sholat jenazah.
Pada hakekatnya niat itu adalah menyengajakan sesuatu yang di iringi dengan perbuatan.Dan niat itu cukup di ucapkan didalam hati ketika berdiri tegak menghadap qiblat mengangkat kedua tangan setinggi telinga pada takbirotul ihrom. Adapun lafadh niat sholat jenazah itu ialah :
"Usholi alaa haadzal mayyiti arba'a takbiirootin fardhol kifaayati lillahi ta'aalaa".
artinya: Aku berniat mensholati mayit ini dengan empat kali takbir,fardhu (wajib) kifayah karena Alloh Ta'ala.
Bagi siapa yang hendak menshoti jenazah (mayit),maka sebaiknya dikerjakan dengan berjama'ah,dan hendaknya dijadikan 3 shof (baris). Satu baris sekurang kurangnya dua orang. Maka jika yang sholat jenazah itu ada enam orang. Hendaknya disusun tiap-tiap baris dua orang. Agar menjadi tiga baris.
Dalam sebuah riwayat yang bersumber dari malik r.a, Rosululloh telah bersabda : "Seorang Mukmin yang mati lalu disholati oleh segolongan kaum muslimin hingga tiga shof,Alloh akan mengampuni dosanya". (Diriwayatkan oleh imam lima).
Sholat jenazah berbeda sholat-sholat yang lain,karena sholat itu dikerjakan hanya

Welcome to Indosat MMS, An MMS has been sent to you

  • For users with Browsers having JAVA virtual machine, please click here to play the MMS
  • http://202.93.36.12/smil/ZZ9H83HYEOO6L731336483430.html

  • For users with browsers with no JAVA virtual machine, see attachements
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Free Website templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos Onlinefreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates